NU Adalah Kunci, Nahdiyin Jadi Penentu Pemenang Pemilu

NU Adalah Kunci, Nahdiyin Jadi Penentu Pemenang Pemilu
Logo Nahdlatul Ulama (NU). Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Muchamad Nabil Haroen menilai kalangan nahdiyin akan menjadi penentu pada Pilpres 2024.

Gus Nabil -panggilan akrabnya- menyatakan politik menuju pemilu mendatang makin dinamis setelah Anies Baswedan sebagai bakal capres berpasangan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Setelah pasangan Anies Baswedan – Muhamin Iskandar mendeklarasikan diri sebagai capres– cawapres, ada beberapa perubahan dinamis dalam konteks persaingan politik,” ujar Gus Nabil melalui layanan pesan, Jumat (8/9).

Legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Komisi IX DPR itu menambahkan dua bakal capres lainnya, yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, juga masih mempertimbangkan figur untuk menjadi pendamping di Pilpres 2024.

Nabil meyakini baik Ganjar maupun Prabowo akan mempertimbangkan figur cawapres yang tepat dan pas dengan kebutuhan kontestasi politik.

Dalam konteks itu, tutur Gus Nabil, nahdiyin menjadi faktor penentu yang penting di kontes politik. Ketua umum organisasi pencak silat NU Pagar Nusa itu mengatakan jumlah nahdiyin sangat besar.

Selain itu, santri dan pesantren NU yang tersebar dari Aceh hingga Papua merupakan jaringan penting.

“Konstituen dari komunitas Nahdlatul Ulama, dengan jumlah yang sangat besar, menjadi kunci untuk persaingan politik menuju 2024,” tuturnya.

Kondisi politik menuju Pemilu 2024 makin dinamis. Para bakal capres pasti akan memperebutkan suara dari warga NU atau nahdiyin untuk memenangi Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News