Obama Dikirimi Surat Beracun

Obama Dikirimi Surat Beracun
Obama Dikirimi Surat Beracun
WASHINGTON DC - Setelah sebuah surat berisi bubuk beracun ditujukan kepada anggota Senator Roger Wicker, kini ditemukan surat serupa yang dialamatkan kepada Presiden AS Barack Obama. Untungnya, surat mencurigakan ini berhasil dicegat Secret Service dan berhasil diidentifikasi di fasilitas terpencil tempat penyaringan berbagai dokumen untuk Gedung Putih.

Surat berisi risin mematikan untuk Obama itu diterima pada 16 April, atau pada hari yang sama saat surat serupa ditujukan ke Senator Wicker. Sumber di Gedung Putih menyatakan, surat bagi Obama tersebut telah diuji dan positif mengandung risin.

"Kami melindungi presiden AS dan keluarganya, dan bekerjasama dengan Kepolisian Capitol AS dan Biro Investigasi Federal (FBI) untuk melacak asal-usul surat itu," ujar seorang juru bicara Secret Service kepada BBC, Rabu (17/4).

Risin dikenal sebagai zat bioteroris. Sebagai  gambaran, 500 mikrogram (1 mikrogram = satu per sejuta gram) risin atau hanya sebesar ujung jarim saja sangat mematikan bagi manusia. Kemampuan inilah yang membuat risin menjadi zat bioteroris yang ditakuti.

WASHINGTON DC - Setelah sebuah surat berisi bubuk beracun ditujukan kepada anggota Senator Roger Wicker, kini ditemukan surat serupa yang dialamatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News