Obama Dorong Mubarak Gelar Transisi Pemerintahan

Obama Dorong Mubarak Gelar Transisi Pemerintahan
Obama Dorong Mubarak Gelar Transisi Pemerintahan
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama meminta Mubarak segera melakukan transisi pemerintahan di Mesir. Dia juga menyatakan bahwa AS mendengar tuntutan sebagian warga di Mesir tersebut. Warga menuntut Mubarak mundur dari jabatan presiden setelah 30 tahun memerintah.

Seperti dilansir kantor berita Associated Press, pernyataan itu disampaikan oleh Obama setelah berkomunikasi lewat telepon dengan Mubarak selama 30 menit dari Gedung Putih Selasa malam waktu setempat (Rabu pagi WIB). "Transisi itu harus berjalan damai dan dimulai sekarang," kata Obama.

Menurut Obama, transisi harus merangkul semua faksi politik di Mesir. "Kepada rakyat Mesir, terutama kaum muda, saya ingin tegaskan bahwa kami mendengar suara kalian. Saya sangat yakin bahwa kalian akan menentukan masa depan bangsa kalian," lanjut Obama dalam pidato yang disiarkan secara langsung melalui televisi dari Gedung Putih.

Namun, Obama menyatakan bahwa AS tidak akan mengintervensi perubahan kepemimpinan di Mesir. "Bukan urusan negara lain untuk menentukan pemimpin Mesir," ucap Obama. Selain itu, dia berharap, ada proses menuju pemilu yang bebas dan adil bagi rakyat Mesir.(afp/iro)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama meminta Mubarak segera melakukan transisi pemerintahan di Mesir. Dia juga menyatakan bahwa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News