Obama Menangi Debat Kedua

Debat Sengit Capres AS, Akur dalam Rencana Bunuh Osama

Obama Menangi Debat Kedua
Obama Menangi Debat Kedua
NASHVILLE - Debat kedua antarcalon presiden AS, John McCain dan Barack Obama, berlangsung lebih sengit kemarin (8/10). Keduanya menepati janji bertarung habis-habisan di Belmont University, Nashville, Tennessee, mengenai krisis keuangan, isu sosial, dan kebijakan luar negeri. Meski saling serang, ada kesepakatan antara Obama dan McCain, yakni membunuh Osama bin Laden dan menggandeng orang terkaya kedua di AS, Warren Buffet, untuk mengatasi krisis ekonomi.

Berbeda dengan debat pertama di Washington University, di mana kedua kandidat bergantian menyampaikan opini, debat di Belmont University di-setting seperti sidang dewan kota (round hall format). Kedua capres mesti menjawab langsung pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sekitar 100 warga yang belum menentukan pilihan pada 4 November. Kedua capres juga dapat berbicara secara langsung satu sama lain. Tetapi, pada kesempatan lain mereka berbicara seolah-olah lawan mereka tidak ada di ruang itu.

Kedua capres yang juga senator mengawali sesi debat dengan bertukar senyum dan berjabat tangan. Namun, itu hanya penampilan awal dan permukaan. Saat moderator Tom Brokaw dari televisi NBC mengawali dengan sesi krisis ekonomi yang sedang hot, kedua senator langsung saling serang mengenai catatan dan usul masing-masing.

McCain, yang dikecam banyak orang karena jarang memandang Obama selama perdebatan pertama, kemarin sering menatap tajam mata Obama. Kerontokan sistem finansial AS menjadi tema pertama yang dibahas. Keduanya ditanya bagaimana pemilih bisa mempercayai mereka karena baik Republik maupun Demokrat berkontribusi pada krisis finansial saat ini.

NASHVILLE - Debat kedua antarcalon presiden AS, John McCain dan Barack Obama, berlangsung lebih sengit kemarin (8/10). Keduanya menepati janji bertarung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News