Obama Raih Nobel Perdamaian

Obama Raih Nobel Perdamaian
Foto : REUTERS
OSLO - secara mengejutkan, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dinobatkan sebagai peraih Nobel Perdamian 2009. Dalam pengumuman pemenang Nobel Perdamaian yang diumumkan hari ini, Obama dianggap telah memberi harapan kepada dunia akan masa depan yang lebih baik, dan terus berjuang memperjuangkan perlucutan senjata nuklir.

Obama adalah Presiden AS ketiga yang menerima Nobel Perdamaian, setelah sebelumnya Theodore Roosevelt menerima penghargaan serupa pada 1906 dan Woodrow Wilson pada 1919. Sedangkan Jimmy Carter, mendapat Nobel Perdamaian saat tidak lagi menjabat sebagai Presiden AS. Presiden dari Partai Demokrat itu meraih Nobel Perdamaian pada 2002 atas prakarsanya dalam memediasi konflik-konflik di dunia.

Pengumuman penghargaan Nobel Perdamaian untuk presiden kulit hitam pertama AS itu merupakan kejutan yang mengundang kritik sekaligus pujian. Komite Nobel Norwegia memuji Obama atas upayanya yang luar biasa untuk memperkuat diplomasi internasional dan kerjasama antara bangsa. Keturunan Afro-Amerika yang menempati jabatan tertinggi sepanjang sejarah Amerika itu dinilai konsisten menyerukan perlucutan senjata.

Obama, sejak menjabat pada awal tahun ini, juga langsung bekerja untuk memulai proses perdamaian Timur Tengah yang terhenti. "Sangat jarang ada orang dalam posisi seperti Obama, yang menangkap perhatian duna dan memberi orang-orang harapan yang lebih baik," ujar Ketua Komite Nobel, Thorbjoern Jagland.

OSLO - secara mengejutkan, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dinobatkan sebagai peraih Nobel Perdamian 2009. Dalam pengumuman pemenang Nobel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News