Obat di Arab Lebih Murah, Kemenkes Pilih Beli di Indonesia

Obat di Arab Lebih Murah, Kemenkes Pilih Beli di Indonesia
Obat di Arab Lebih Murah, Kemenkes Pilih Beli di Indonesia
JAKARTA - Kendati harga obat di Arab Saudi jauh lebih murah dibanding Indonesia, namun Kementerian Kesehatan tidak tertarik membelinya untuk kebutuhan jamaah haji. Kemenkes tetap memutuskan membeli obat-obatan di Indonesia dan membawanya ke Arab Saudi.

"Memang harga obat di Arab Saudi murah, namun kami terkendala dengan sistem pengadaannya," kata Wamenkes, Ali Gufron Mukhti dalam rapat dengar pendapat Komisi VIII DPR RI, Senin (4/3).

Dijelaskan, dalam aturan pengadaan barang dan jasa, dana di atas Rp1 miliar harus melewati tender. Mekanisme inilah yang menyulitkan Kemenkes untuk melakukan tender di Arab Saudi. Sebab, tidak mengetahui prosedurnya di sana.

"Karena kendala itulah kami berkonsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasilnya baik KPK maupun BPK tidak menyetujui pengadaaan obat bagi jamaah haji dilaksanakan di Arab Saudi," terang Ali.

JAKARTA - Kendati harga obat di Arab Saudi jauh lebih murah dibanding Indonesia, namun Kementerian Kesehatan tidak tertarik membelinya untuk kebutuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News