Ogah Diintervensi Pemerintah, Dua Menteri Turki Ini Mundur

Ogah Diintervensi Pemerintah, Dua Menteri Turki Ini Mundur
Ali (kiri) dan Muslum pada konferensi pers saat mengumumkan pengunduran diri mereka.

jpnn.com - ISTANBUL - Dua menteri Turki mengundurkan diri dari jabatannya setelah pemerintah berkuasa dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) terlalu mencampuri dan sering melakukan intervensi dalam tugas mereka.

Kedua menteri strategis yang meletakkan jabatannya itu adalah Menteri Urusan Uni Eropa (EU), Ali Haydar Konca dan Menteri Pembangunan, Muslum Dogan.

Dua anggota parlemen partai pro-Kurdi, Partai Demokrasi Rakyat (HDP) tidak puas dengan tindakan pemimpin tertinggi yang gagal menangani kekerasan antara pemberontak Kurdi dan tentara. Keduanya menganggap tindakan pemerintah sementara itu menyulitkan mereka untuk melaksanakan tugas.

Juni lalu, Partai HDP meraih suara yang luar biasa dalam pemilu setelah memperluas pengaruh dengan merayu suara golongan sayap kiri dan liberal dari seluruh Turki. Dogan dan Konca adalah anggota parlemen pertama partai terkait menjabat menteri. Keduanya dilihat dapat berkembang memperbaiki hubungan dengan etnis minoritas Kurdi.

Namun, hubungan menjadi dingin ketika kekerasan mulai pecah antara pemberontak Kurdi dan militer Turki. Hal ini juga jadi kegagalan antara partai karena membatalkan perjanjian aliansi sampai akhirnya memaksa pemilihan ulang diadakan pada 1 November depan. (AP/ray/jpnn)

ISTANBUL - Dua menteri Turki mengundurkan diri dari jabatannya setelah pemerintah berkuasa dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) terlalu mencampuri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News