Olahraga Bisa untuk Cegah Kanker Lho

Olahraga Bisa untuk Cegah Kanker Lho
Ilustrasi. Foto: www.telegraph.co.uk

jpnn.com - JAKARTA—Saat  ini tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga dianjurkan untuk semua orang, baik yang sehat, sedang menjalankan diet, bahkan bagi orang yang kurang sehat pun terkadang disarankan untuk berolahraga. Karena faktanya olahraga mampu mengembalikan kesehatan tubuh dan mampu membakar lemak jahat yang tertimbun di dalam tubuh.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam journal Cell Metabolism menemukan bahwa tikus yang mengidap kanker yang telah menghabiskan waktu mereka dengan berlari mampu mengecilkan tumor dengan lebih dari 60 persen dibandingkan dengan yang kurang aktif.

Untuk penelitian ini, peneliti memaparkan tikus dengan kanker kulit, hati atau tumor paru-paru dan membagi mereka menjadi dua kelompok: Satu didorong untuk berjalan di roda yang berjalan teratur dan yang lain lebih menetap. Para ilmuwan menemukan bahwa kelompok tikus yang berlari secara dramatis mampu mengurangi ukuran tumor mereka.

" Pada saat berlari, sel pembunuh kekebalan direkrut untuk sirkulasi dan dari situ mereka bisa menemukan tumor dan mengendalikan pertumbuhan tumor baru," kata penulis utama studi. Dr. Pernille Hojman, Ph.D, seperti dilansir laman Glamour.

Sementara itu peneliti khusus kanker kulit, paru-paru dan kanker hati, Dr. Elizabeth O'Donnell, MD mengatakan olahraga teratur memiliki dampak pada kanker payudara.

" Ada data yang menunjukkan bahwa pasien kanker payudara yang melakukan 150 menit latihan intensitas sedang mingguan mengalami penurunan 50 persen pada  penyebab kematian," pungkas O'Donnell.(fny/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News