JPNN.com

Olahraga Yoga Efektif Turunkan Kolesterol?

Minggu, 27 Januari 2019 – 05:07 WIB Olahraga Yoga Efektif Turunkan Kolesterol? - JPNN.com

jpnn.com - Berasal dari kebudayaan India kuno sekitar 3.000 SM, yoga kini menjadi olahraga yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Mulai dari kalangan dewasa hingga anak-anak muda, semua telah merasakan manfaat dari yoga. Salah satu keuntungan yang didapat dari yoga yang sudah banyak diteliti adalah membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Yoga terdiri atas kombinasi latihan pernapasan, beberapa gerakan dan postur, serta meditasi. Jenis-jenis yoga yang sekarang dikenal oleh masyarakat, yaitu hatha yoga, vinyasa yoga, Ashtanga yoga, Bikram yoga, Iyengar yoga, hingga yoga yang khusus diperuntukkan bagi ibu hamil. 

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat membantu dalam mengatasi serangkaian masalah kesehatan, yaitu tekanan darah tinggi, radang sendi, dan peningkatan kadar gula. Selain itu, yoga juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menurut sebuah penelitian di Indian Heart Journal, melakukan yoga secara teratur satu jam setiap hari selama tiga bulan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol ‘jahat’) dalam darah. Penelitian lain menyebutkan bahwa yoga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol ‘baik’) hingga 12 persen.

Penasaran gerakan dan postur yoga apa saja yang dapat membantu menurunkan kolesterol? Berikut beberapa yang bisa Anda coba:

Chakrasana

Chakrasana adalah pose tubuh yang menyerupai roda. Gerakan ini dapat meningkatkan fungsi kerja hati sehingga membantu fungsi metabolisme organ tersebut, termasuk mengeluarkan lemak dan kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh.

Kapalbhati

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...