Ontime 13, Delay 30, Lebih Cepat 3 Kloter

Ontime 13, Delay 30, Lebih Cepat 3 Kloter
Ontime 13, Delay 30, Lebih Cepat 3 Kloter
MAKKAH - Pemulangan jamaah haji Indonesia memang sudah mendapatkan gate khusus di terminal barat Bandara King Abdul Azis, Jeddah. Terminal ini diharapkan dapat membantu mengurai keterlambatan pemulangan jamaah haji yang pada tahun-tahun sebelumnya sering terjadi.

Namun, hingga hari keempat pemulangan jamaah haji Indonesia, Senin (14/11), masih banyak terjadi keterlambatan. Hingga pukul 13.34 waktu setempat, dari 46 kloter (18.550 orang) yang telah sampai di Indonesia, 30 di antaranya mengalami delay."Dari catatan Siskohat, yang ontime 13 kloter, delay 30, dan yang cepat dari jadwal 3," ujar Kepala Seksi Siskohat Daerah Kerja Makkah Evi Al Hudlori di Syisah, Makkah, Senin (14/11).

Sebelumnya, Vice President fot Haj Garuda Indonesia Hadi Syahrean mengatakan, meski mendapatkan gate khusus di terminal barat, tidak menjamin tidak adanya keterlambatan pemulangan jamaah. Ada beberapa hal yang menyebabkan keterlambatan. Di antaranya, kesibukan di bandara saat pemulangan, pengisian bahan bakar, masalah staf imigrasi di terminal barat yang masih sedikit, waktu menunggu bus yang cukup lama, dan persoalan kedisiplinan jamaah haji dalam membawa barang bawaan. Tidak sedikit juga jamaah haji yang membawa barang-barang yang dilarang seperti gunting, pisau, peniti, gunting kuku, dan lain-lain.

Hari ini (15/11) dari jadwal pemulangan jamaah haji, sebanyak 16 kloter akan diterbangkan dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, ke sejumlah debarkasi di Indonesia. Di antaranya kloter 12, 13, 14, dan 15 debarkasi Solo (SOC). Pesawat yang membawa jamaah asal Jawa Tengah itu rencananya berangkat masing-masing pada pukul 00.45, 17.00, 20.15, dan 23.15 waktu setempat. Kloter 6 yang membawa 455 jamamah haji dari Banten hari ini pukul 14.45 waktu setempat  juga berangkat dari Jeddah menuju Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Diperkirakan tiba pada beosk (16/11) pukul 04.45. Selain itu, yang berangkat hari ini adalah jamaah haji Jawa Barat yang tergabung di kloter 11, 12, dan 13 JKS. Adapun jamaah dari DKI Jakarta, hari ini tidak ada jadwal pemberangkatan dari Jeddah.

MAKKAH - Pemulangan jamaah haji Indonesia memang sudah mendapatkan gate khusus di terminal barat Bandara King Abdul Azis, Jeddah. Terminal ini diharapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News