Operasi Lilin Ranaka 2021, Irjen Lotharia: Kami Butuh Peran dari Seluruh Masyarakat 

Operasi Lilin Ranaka 2021, Irjen Lotharia: Kami Butuh Peran dari Seluruh Masyarakat 
Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif dalam konferensi pers akhir tahun 2021 di Mapolda NTT. Foto: Humas Polda NTT.

jpnn.com, KUPANG - Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Lotharia Latif memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di Mapolda NTT, Kamis (23/12).  Operasi Lilin Ranaka 2021 digelar mulai 23 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2021. 

Irjen Lotharia Latif mengatakan Polda NTT mengerahkan 1.300 personel untuk melakukan pengamanan di 3.500 gereja, fasilitas umum, maupun lokasi wisata di seluruh provinsi itu. Pengamanan ini juga melibatkan aparat TNI dari Korem 161 Wirasakti dan seluruh Kodim, Dinas Perhubungan. 

Polda NTT juga menyiapkan 60 pos pengamanan, 40 pos pelayanan dan 20 pos terpadu.

Menurut Irjen Lotharia, personel Polri bersama TNI akan ditempatkan di titik-titik tersebut untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), dan mengantisipasi kasus-kasus konvensional, serta mencegah peningkatan Covid-19.

“Personel polisi juga bertugas mengantisipasi Covid-19 melonjak setelah Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu, kami juga butuh peran dari seluruh masyarakat,” ujar Irjen Lotharia Latif.

Dia juga meminta setiap gereja agar memasang CCTV untuk memantau pergerakan jemaat, dan mengantisipasi gangguan keamanan. 

Adapun tema Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 kali ini adalah “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021, Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022”.

Upacara Operasi Lilin Ranaka 2021 diselenggarakan di Mapolda NTT dihadiri oleh Wakapolda NTT, perwakilan dari  TNI AD, AL, POM, BIN serta Jasa Raharja dan Satuan Polisi Pamong Praja. (mcr2/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif berharap peran serta dari seluruh masyarakat untuk menjaga kamtibmas pada momen Natal dan Tahun Baru.


Redaktur : Boy
Reporter : Meylinda Putri Yani Mukin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News