JPNN.com

OPM Menantang, Ryamizard: Ya Perang Saja, Perang Saja

Kamis, 29 Maret 2018 – 08:37 WIB OPM Menantang, Ryamizard: Ya Perang Saja, Perang Saja - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menhan Ryamizard Ryacudu melontarkan pernyataan tegas menyikapi Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) atau dikenal dengan sebutan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang kembali berulah.

Rymizard juga keras menanggapi peringatan Tentara Pembebasan Nasional – Papua Barat (TPN – PB).

Mantan kepala staf angkatan darat (KSAD) itu menyampaikan bahwa Indonesia siap memerangi setiap kelompok yang berniat mengganggu kedaulatan NKRI.

Keterangan tersebut disampaikan Ryamizard di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rabu (28/3). ”Pokoknya kalau keselamatan bangsa, kemudian kedaulatan rakyat, dan keutuhan terganggu itu (urusan) tentara,” kata dia, ketika ditanyai soal peringatan dari TPN – PB.

Lebih dari itu, dia menyatakan, Indonesia tidak segan meladeni tantangan perang dari mereka.

Belakangan, Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) yang lebih dikenal dengan sebutan Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu memang kembali berulah. Mereka menyerang aparat keamanan yang tengah bertugas.

Terakhir mereka membakar sejumlah fasilitas umum di Desa Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Aksi tersebut dilakukan Sabtu (24/3). Berdasar data yang diperoleh Kodam XVII/Cendrawasih, fasilitas umum yang dibakar di antaranya rumah sakit, sekolah, dan asrama. Selain itu, beberapa rumah juga dibakar OPM.

Aksi itu bukan satu-satunya peringatan dari KKSB tersebut, mereka juga menyebar video yang berisi tantangan kepada TNI maupun Polri.

Tidak heran, Ryamizard merespons tegas. ”Ya perang aja, perang aja. Malu saya kalau nggak berani,” ucap dia. (syn/)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...