Oposisi Minta Menlu Belanda Tolak Delegasi RI

Oposisi Minta Menlu Belanda Tolak Delegasi RI
Oposisi Minta Menlu Belanda Tolak Delegasi RI
JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan,  TB Hasanudin menegaskan bahwa sebagaian besar anggota parlemen Belanda (Twede Kamer) sesungguhnya menolak penjualan MBT Leopard ke Indonesia. Alasannya, kata Hasanudin, berdasarkan informasi terakhir yang diterimanya dari Negeri Kincir Angin itu, karena meningkatnya pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di Indonesia.

"Tapi dengan alasan ekonomi dan semakin tidak efisiennya satuan-satuan tank di negeri Belanda bila dibandingkan dengan ancaman yang ada, pemerintah Belanda tetap berusaha meminta green light dari parlemennya," kata Hasanudin, kepada wartawan, Kamis (19/1).

Bahkan, kata dia, dua hari yang lalu atau 16 Januari 2012 , di Twede Kamer terjadi perdebatan antara partai oposisi dengan Menteri Luar Negeri Belanda. "Pihak oposisi meminta Menlu tidak menerima delegasi Kemenhan dan DPR RI," tegasnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS, Al Muzzammil Yusuf menegaskan, menolak rencana Kementerian Pertahanan membeli 100 unit Tank Leopard bekas milik Belanda. Ia menilai, hal itu  akan mematikan industri strategis dalam negeri dan bertolak belakang dengan opini publik yang menghendaki kemandirian teknologi dalam negeri.

JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan,  TB Hasanudin menegaskan bahwa sebagaian besar anggota parlemen Belanda (Twede Kamer) sesungguhnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News