Optimis Produksi Jagung Capai 1 Juta Ton

Optimis Produksi Jagung Capai 1 Juta Ton
Optimis Produksi Jagung Capai 1 Juta Ton
GORONTALO – Pemprov Gorontalo terus berupaya untuk memenuhi target pencapaian produksi jagung satu ton pada 2012. Jumlah itu meningkat dibandingkan dalam beberapa tahun terakhir ini yang berkisar lebih kurang sebanyak 670 ribu ton.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan-KP) Provinsi Gorontalo Ir Nurdin Hippy MM mengemukakan, sesuai target yang tertuang dalam RPJMD Provinsi Gorontalo 2007-2012, diharapkan produksi jagung Gorontalo sampai 2012 bisa mencapai 1 juta ton. "Kita terus berupaya agar produksi dan produktivitas jagung terus meningkat. Sehingga diharapkan target produksi jagung 1 juta ton bisa tercapai," ujar Nurdin Hippy.

Menurut Nurdin Hippy, untuk pencapaian target produksi satu juta ton pihaknya saat ini sementara melaksanakan berbagai program. Seperti program Gerakan Peningkatan Produksi Pertanian berbasis Koorporasi (GP3K) yang bekerjasama dengan BUMN PT Sang Hyang Seri (SHS) dan PT Pertani. Melalui program GP3K dialokasikan pengembangan tanaman jagung seluas 35 ribu hektar. Terdiri sebanyak 25 ribu hektar disuport oleh PT SHS dan 10 ribu hektar disuport oleh PT Pertani. "Saat ini program GP3K sementara dilaksanakan di masing-masing kabupaten/kota," ungkap Nurdin Hippy.

Selain itu program lainnya yang akan dilaksanakan oleh Distan-KP untuk menunjang peningkatan produksi jagung adalah pengembangan posko layanan saprodi dan alsintan. Program yang direncanakan mulai berjalan 2012 mendatang itu akan dilaksanakan di setiap kecamatan  yang menjadi sentra-sentra produksi pertanian. "Pendirian posko layanan jasa alsintan dan saprodi ini sudah dianggarkan pada 2012," kata Nurdin Hippy.

GORONTALO – Pemprov Gorontalo terus berupaya untuk memenuhi target pencapaian produksi jagung satu ton pada 2012. Jumlah itu meningkat dibandingkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News