Orang Tua Wajib Tahu! 8 Langkah Sederhana Menghindari Risiko Gagal Ginjal Anak

Orang Tua Wajib Tahu! 8 Langkah Sederhana Menghindari Risiko Gagal Ginjal Anak
Kemenkes mengimbau orang tua melakukan langkah sederhana menghindari risiko gagal ginjal pada anak. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. M Syahril menyatakan hingga kini masih terus melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui penyebab pasti gagal ginjal akut pada anak.

Upaya penelusuran kasus gagal ginjal akut terus dilakukan Kemenkes dengan menggandeng para ahli epidemiologi, Badan POM, IDAI, dan Puslabfor.

Penyelidikan epidemologi dilakukan dengan melakukan pengawasan dan pemeriksaan untuk mengetahui infeksi-infeksi yang menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak. Pemeriksaan mencakup swab tenggorokan, swab anus, pemeriksaan darah dan kemungkinan intoksifikasi.

Menurut Syahril, saat ini Kemenkes bersama tim tengah melakukan penyelidikan epidemologi kepada masyarakat.

"Tim akan menanyakan berbagai jenis obat-obatan yang dikonsumsi maupun penyakit yang pernah di derita 10 hari sebelum masuk RS/sakit. Harapannya hasilnya bisa segera kami dapatkan sebagai informasi untuk penanganan selanjutnya,” ujar dr. Syahril, di Jakarta, Selasa (18/10).

Sembari menunggu hasil investigasi lanjutan, dr. Syahril menyebutkan telah meminta fasilitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap merebaknya gagal ginjal.

"Kami minta anak dengan aktif melaporkan setiap kasus yang mengarah pada gagal ginjal akut pada anak," kata Syahril.

Lebih lanjut, sebagai bentuk kewaspadaan dini, Kemenkes meminta masyarakat terutama orang tua yang memiliki anak usia 0-18 tahun untuk aktif melakukan pemantauan umum dan gejala yang mengarah kepada gagal ginjal akut.

Kemenkes mengimbau orang tua melakukan langkah sederhana menghindari risiko gagal ginjal pada anak:

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News