Organ Babi Bisa Dicangkok ke Manusia

Organ Babi Bisa Dicangkok ke Manusia
Foto: AFP
SEOUL - Tren xenotransplantation atau transplantasi antarspesies berbeda, tampaknya, akan segera melanda dunia. Pasalnya, para ilmuwan Korea Selatan (Korsel) sukses melakukan rekayasa genetik terhadap seekor babi dengan menghilangkan gen alpha-gal pada 3 April lalu. Tanpa gen tersebut, risiko penolakan jaringan dalam proses cangkok organ bisa diminimalkan.

Lim Gio-Bin, ilmuwan yang menjadi ketua rim riset, mengklaim sudah berhasil mengkloning spesies babi istimewa tersebut. "Kami menggunakan sel induk babi yang berukuran lebih kecil dari normal untuk menciptakan babi-babi kecil yang sudah direkayasa secara genetika," ujarnya sebagaimana dilansir Agence France-Presse, Rabu (22/4).

Dalam riset tersebut, Lim melibatkan ilmuwan dari empat universitas dan dua lembaga riset. "Sebenarnya, tim kami berhasil mengkloning empat babi kecil dari sekitar seratus babi yang menjadi induk. Tapi, hanya satu babi kecil jantan bernama Xeno yang mampu bertahan hidup," terang Lim.

Berpijak pada keberhasilan itu, dia dan timnya berusaha keras mengkloning jenis babi sama dengan jenis kelamin betina. Dengan demikian, selanjutnya, mereka bisa mengembangbiakkan babi minus gen alpha-gal lewat proses regenerasi alami.

SEOUL - Tren xenotransplantation atau transplantasi antarspesies berbeda, tampaknya, akan segera melanda dunia. Pasalnya, para ilmuwan Korea Selatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News