Ortu Rano Dituding PKI, Ini Penjelasan Kiai Ma’ruf

Ortu Rano Dituding PKI, Ini Penjelasan Kiai Ma’ruf
KH Ma'ruf Amin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin meluruskan tudingan yang berkembang di masyarakat mengenai orang tua Rano Karno, Soekarno M Noer yang disebut sebagai anggota Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) dan berafiliasi pada Partai Komunis Indonesia (PKI).

Secara tegas cicit ulama Al-Hijaz, Syaikh Nawawi Al-Bantani tersebut menyatakan bahwa Soekarno M Noer pernah menjadi anggota aktif di Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) di bawah naungan rumah besar Nahdlatul Ulama pada era kepemimpinannya.

“Saya kenal betul dengan Soekarno M Noer, dia bukan PKI, dia bukan komunis. Dia itu NU. Dia pengurus Lesbumi, bagian daripada NU. Di situ ada Jamaludin Malik, ada Usmar Ismail, ada Asrul Sani dan juga ada ayahnya Rano (Soekarno M Noer). Pernah ke rumah saya dan saya kenal baik,” kata Kiai Ma’ruf Amin seperti rilis diterima, Rabu (8/2/2017).

Saat Soekarno M Noer aktif di Lesbumi, Kiai Ma’ruf Amin mengaku sebagai Ketua Cabang lembaga seni di bawah naungan NU tersebut yang bermarkas di Jakarta Utara.(*/jpnn)


Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin meluruskan tudingan yang berkembang di masyarakat mengenai orang tua Rano Karno, Soekarno M Noer yang disebut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News