Osvaldo Lessa jadi Korban Ketiga Persipura Jayapura

Osvaldo Lessa jadi Korban Ketiga Persipura Jayapura
Pelatih Persipura Jayapura Osvaldo Lessa. Foto: Rivan Mandala/Persib

jpnn.com, JAYAPURA - Persipura Jayapura menjadi tim yang paling doyan berganti pelatih. Itu setelah manajemen tim berjuluk, Mutiara Hitam, itu resmi mengakhiri masa kerja sang pelatih, Osvaldo Lessa.

Itu artinya, pria asal Brasil itu menjadi pelatih ketiga yang didepak Persipura sepanjang musim ini. Dia menyusul Peter Butler dan Amilton Silva yang sudah lebih dulu out.

Sejatinya, kontrak Lessa memang sudah berakhir sejak 31 Desember 2018 lalu. Manajemen Persipura sempat ingin mempertahankannya. Tapi, setelah melakukan pertemuan internal, akhirnya keputusan manajemen berubah.

“Kami ingin musim ini menjadi momen kebangkitan Persipura,” kata Asisten Manajer Persipura Bento Madubun. Sepanjang musim lalu performa Persipura memang kurang oke. Mereka hanya finish di posisi ke-12 dengan 44 poin. Nah, dari 34 laga, Lessa memimpin 11 laga diantaranya. Hasilnya juga kurang memuaskan. Dia menelan 6 kekalahan, 3 hasil imbang dan hanya meraih 2 kemenangan.

Baca juga: 4 Pelatih Asing Calon Nakhoda Persipura Jayapura

Karena itu, Lessa legowo dengan keputusan manajemen yang enggan memperpanjang kontraknya. “Keputusan ini hal biasa dari klub. Saya harus hargai itu,” kata pelaih 52 tahun itu. Dia juga berharap Persipura bisa sukses dengan pelatih baru di musim 2019. “Saya juga mengucapkan terimakasih banyak untuk warga Papua yang selalu baik dengan saya,” tambahnya.

Lantas, siapa pengganti Lessa? Bento mengatakan pihaknya memang memprioritaskan pelatih asing. Terutama yang sudah pernah merasakan atmosfer Liga Indonesia. Hal itu diperlukan untuk mempermudah proses adaptasi. Selain itu, mereka juga akan lebih paham dengan karakter calon lawan yang akan dihadapi.

“Saat ini kami sudah melakukan komunikasi dengan empat pelatih,” kata Bento. Nama-nama calon pelatih anyar memang tidak disebutkan. Tapi, jika merujuk pelatih asing, ada beberapa nama yang tengah menganggur. Seperti Alfred Riedl hingga mantan pelatih Persipura musim lalu, Peter Butler. Selain itu, ada pelatih Perseru Serui Wanderley Junior. Nama terakhir juga layak diperhitungkan. Sebab, dia pernah melatih Persipura di musim 2017. (gus)


Persipura Jayapura menjadi tim yang paling doyan berganti pelatih. Itu setelah manajemen Persipura resmi mengakhiri masa kerja sang pelatih, Osvaldo Lessa.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News