Otomotif Penyumbang Terbesar

Otomotif Penyumbang Terbesar
Otomotif Penyumbang Terbesar
SURABAYA - Penyaluran kredit PT Bank Permata Tbk (PermataBank) ternyata tidak jauh core bisnis salah satu pemegang saham, PT Astra International Tbk, yakni, otomotif. Direktur Retail Banking PermataBank Lauren Sulistiawat menyebutkan, kontribusi otomotif berkisar 35 persen dari penyaluran kredit. Sampai Maret, PermataBank sendiri telah membukukan Rp 41 triliun.

"Di PermataBank, otomotif terbagi dua yakni, consumer dan industri. Industri bisa menyumbang sekitar 20 persen dan consumer, 15 persen," papar Lauren usai meresmikan relokasi cabang di Sidoarjo kemarin (30/6).

Consumer, tambahnya, bisa dalam bentuk pembiayaan pemilikan mobil. PermataBank sendiri juga menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga finance. Sedangkan, industri antara lain untuk pengusaha tranportasi atau spare part. "Kami membidik mulai hulu hingga hilir," cetusnya.

Astra menguasai 45,5 persen saham PermataBank. Selain itu, Standard Chartered Bank juga mengusai kepemilikan dengan jumlah saham yang sama. Merujuk laporan keuangan Permatabank per 31 Maret, Lauren menyebut total kredit Rp 41 triliun itu tumbuh 15 persen banding periode yang sama tahu lalu (year on year/YoY). Sementara, NPL (rasio kredit macet) gross tercatat 4,2 persen, sedangkan Maret 2009 adalah 5,4 persen. Untuk NPL net adalah1,2 persen di akhir Maret 2010 atau mengalami perbaikan dibandingkan tahun lalu yang mencapai 2,6 persen. "Tidak industri yang kami waspadai dalam penyaluran kredit. Sektor-sektor unggulan kami adalah yang terbaik di setiap daerah. Jadi setiap wilayah berbeda dengan daerah lain," cetusnya.

SURABAYA - Penyaluran kredit PT Bank Permata Tbk (PermataBank) ternyata tidak jauh core bisnis salah satu pemegang saham, PT Astra International

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News