Padamkan Karhutla, BPBD Jambi Pakai Helikopter Water Bombing

Padamkan Karhutla, BPBD Jambi Pakai Helikopter Water Bombing
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi gunakan Helikopter water bombing untuk padamkan kebakaran hutan dan lahan di Sungai Rotan, Jambi. Foto: jambiekspres

jpnn.com, JAMBI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, masih terus berupaya memadamkan api yang membakar hutan di sekitar Sungai Rotan, Minggu (12/8).

Helikopter water bombing bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat turut diterjunkan untuk memadamkan api.

Helikoter yang dikendalikan Pilot Ukraina itu melakukan pemadaman api di Tanjung Jabung Barat, tepatnya di Sungai Rotan Rendah Mendaluh.

Bachyuni Deliansyah, Kepala BPBD PRovinsi Jambi menyampaikan, dari pemadaman kemarin, helikopter berjenis Kamov PK32 dengan muatan 5 ton air ini telah sebelas kali melakukan water boombing lewat udara.

“Dari siang hingga pukul 17.00 WIB, kita lakukan pemadaman,” katanya.

Dalam pemadaman itu, Bachyuni menyebutkan, bukan lagi menemukan titik panas, tetapi, sudah menemukan api yang sudah meluas membakar lahan.

Namun pihaknya belum dapat mengukur luas lahan yang dilalap api. “Belum bisa kami hitung,” sebutnya.

Untuk pemadaman lewat darat, Tim Satgas Karhutla Tanjabbarat juga sudah berusaha memadamkannya. Dikarenakan medan yang sulit, api tidak berhasil dipadamkan. Pemadaman pun dibantu melalui udara dari BPBD Provinsi Jambi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, masih terus berupaya memadamkan api yang membakar hutan di sekitar Sungai Rotan, Minggu (12/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News