PAI Intan Jaya Ikut Pameran Anggrek Internasional di Malaysia

PAI Intan Jaya Ikut Pameran Anggrek Internasional di Malaysia
Wakil Bupati Intan Jaya Yan Kobogoyau (berbatik) bersama PAI Cabang Kabupaten Intan Jaya Provinsi Papua menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam pameran Anggrek tingkat Asia Pasifik di Kuching, Malaysia. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Cabang Kabupaten Intan Jaya Provinsi Papua dipilih sebagai salah satu perwakilan Indonesia dalam pameran Anggrek di tingkat Asia Pasifik di Kuching, Malaysia. Selain membawa 3 jenis tanaman Anggrek yang dinilai memiliki kekhasan dan keunggulan, Tim Anggrek Intan Jaya juga membawa serta karya seni Noken Papua dengan motif Anggrek.

“Kami bangga karena anggrek yang banyak tumbuh di wilayah tengah Pegunungan Papua termasuk Intan Jaya dianggap anggrek yang memiliki nilai sangat tinggi sehingga layak dipamerkan di tingkat Asia Pasifik,” kata Wakil Bupati Intan Jaya Yan Kobogoyau kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/7).

Momen pameran ini, menurut Yn, menjadi kesempatan bagi Tim Anggrek Intan Jaya untuk belajar dari negara-negara lain sekaligus mengenalkan potensi Anggrek Intan Jaya dan Papua pada umumnya serta seni turunannya sehingga bisa lebih dikembangkan lagi untuk memberi suntikan bagi ekonomi masyarakat.

BACA JUGA: Tidak Perlu ke Thailand untuk Berwisata Anggrek, Cikampek Juga Banyak Jenisnya

“Kami memang sudah ada rencana untuk membuat Taman Nasional Anggrek di Intan Jaya serta pusat suvenir anggrek termasuk noken dan lain-lainnya agar pesona anggrek ini bisa memberi manfaat bagi pengembangan ekonomi masyarakat,” lanjut Yan.

Sebelum terpilih mengikuti pameran di tingkat Asia Pasifik, jelas Yan, anggrek asal Intan Jaya sudah melewati seleksi tingkat provinsi dan nasional. Di tingkat Provinsi Papua, Anggrek Intan Jaya menempati Juara Umum dan di tingkat nasional menempati urutan ketiga.

“Harapan kami tentu saja di waktu-waktu yang akan datang bukan saja makin banyak masyarakat yang mencintai anggrek tetapi bagaimana anggrek juga memberi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat," pungkas Yan.

Pameran Anggrek tingkat Asia Pasifik sendiri akan berlangsung selama 4 hari yaitu dari tanggal 23-26 Juli 2019.(fri/jpnn)


Sebelum terpilih mengikuti pameran di tingkat Asia Pasifik, anggrek asal Intan Jaya sudah melewati seleksi tingkat provinsi dan nasional. Di tingkat Provinsi Papua, Anggrek Intan Jaya menempati juara umum dan di tingkat nasional menempati urutan ketiga.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News