Pak Ganjar Akan Merapikan Kelembagaan, Siap-siap Para ASN Eselon IV

Pak Ganjar Akan Merapikan Kelembagaan, Siap-siap Para ASN Eselon IV
Gubernur Ganjar Pranowo di kantornya. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap melaksanakan penyederhanaan birokrasi. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan pemprov telah mengidentifikasi dan menata kelembagaan terkait penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional.

"Kami sudah siap. Sudah dihitung mana yang harus kami kurangi, mana yang harus disesuaikan. Ada beberapa di level jabatan yang sifatnya fungsional itu mesti fitting,” katanya di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (27/4).

Bagi Ganjar, penyetaraan jabatan adalah momentum bagus. Selain melaksanakan perundang-undangan, juga momentum dalam penyesuaian kinerja aparatur sipil negara untuk siap ditempatkan dalam posisi dan kondisi darurat.

"Kami sudah diajari oleh COVID-19 bagaimana berbicara pada posisi yang sangat darurat. Kami sudah latihan lebih dulu, tinggal kami sosialisasi karena lebih banyak eselon IV yang akan terkena maka kami minta untuk memastikan sosialisasi ke sana. Sudah disiapkan semua," katanya.

Ganjar juga meminta agar sosialisasi tersebut benar-benar tersampaikan sampai tingkat bawah sebelum hasil identifikasi tersebut diserahkan kepada Kemendagri untuk dievaluasi dan mendapat persetujuan.

Sosialisasi itu diperlukan agar semua bisa mendapatkan kejelasan terkait penyetaraan jabatan.

"Intinya satu jabatan berganti, struktur boleh baru, pelaksanaan lebih baik tetapi pendapatan tidak berkurang. Sampaikan juga secara terbuka, kalau ini memang tidak bisa dilakukan seketika maka minta untuk bertahap khusus di instansi tertentu," jelas Ganjar.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyoroti terkait penyederhanaan birokrasi yang belum berjalan maksimal di pemerintah daerah. 

Gubernur Ganjar Pranowo ingin ada penyesuaian kinerja ASN untuk siap ditempatkan dalam posisi dan kondisi darurat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News