Pak JK Minta PMI Daerah Produksi Plasma Konvalesen Covid-19

Pak JK Minta PMI Daerah Produksi Plasma Konvalesen Covid-19
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla bersama Gubernur Sulteng Longki Djanggola (kiri) usai meninjau gedung Unit Transfusi Darah (UTD) yang diresmikan penggunaannya di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (14/12/2020). ANTARA FOTO/Basri Marzuki/rwa. (ANTARAFOTO/BASRI MARZUKI)

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla meminta pengelola unit donor darah di daerah untuk memproduksi plasma konvalesen yang dapat digunakan untuk pengobatan Covid-19.

JK -panggilan Jusuf Kalla mengatakan plasma konvalesen berasal dari donor darah pasien yang telah sembuh dari infeksi Covid-19.

“Unit donor darah ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi di era pandemi ini, salah satu pengobatan yang dianggap cukup ampuh yakni plasma konvalesen,” kata JK dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (14/12).

Plasma konvalesen tersebut dapat diberikan kepada pasien yang mengalami kondisi kritis akibat terinfeksi virus Corona.

Salah satu PMI yang diminta JK untuk memproduksi plasma konvalesen tersebut adalah di Provinsi Sulawesi Tengah.

Wapres ke-10 dan 12 RI itu hadir di kantor PMI Sulteng meresmikan rehabilitasi gedung Unit Donor Darah serta menyerahkan peralatan laboratorium dan mobil unit transfusi darah dari Palang Merah Internasional.

“Itulah salah satu tujuan saya datang ke sini untuk bagaimana kita mendorong supaya kita semua bisa mengatasi masalah itu," kata JK.

Selain di Sulteng, JK sebelumnya juga telah meminta PMI Jawa Timur untuk memproduksi plasma konvalesen.

Plasma konvalesen dapat diberikan kepada pasien yang mengalami kondisi kritis akibat terinfeksi virus Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News