Pak Jokowi Sebut Ancaman Covid-19 Belum Usai sampai Rakyat Divaksin

Pak Jokowi Sebut Ancaman Covid-19 Belum Usai sampai Rakyat Divaksin
Presiden Joko Widodo memberikan arahan di Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat di markas Kodam III/Siliwangi, Selasa (11/8). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pandemi Covid-19 dan efeknya masih belum selesai. Menurutnya, ancaman Covid-19 berakhir jika seluruh rakyat Indonesia sudah divaksin.

"Sekali lagi, ancaman Covid-19 ini belum selesai sampai nanti yang namanya vaksin itu bisa divaksinasikan kepada seluruh rakyat di Tanah Air ini," ujar Jokowi saat menyampaikan arahan di Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat di Markas Kodam III/Siliwangi, Bandung, Selasa (11/8).

Hingga saat ini Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 20 juta orang di seluruh dunia. Penyakit akibat virus corona jenis baru itu juga menyebabkan hampir 750 ribu jiwa melayang.

Di Indonesia saja, Covid-19 telah menjangkiti  lebih dari 128 ribu orang. Dari jumlah itu sudah 5.824 orang meninggal dunia, sedangkan 83.710 lainnya dinyatakan sembuh.

Oleh karena itu Jokowi kembali menegaskan beberapa upaya untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Salah satunya strateginya adalah intervensi berbasis lokal.

Menurutnya, penanganan dalam cakupan wilayah yang kecil memegang peranan yang paling penting. Langkah itu bisa melalui penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di tingkat desa.

"PSBB tingkat desa, tingkat kampung, saya kira melokalisasi Covid-19 di dalam scope kecil ini akan lebih memudahkan kita dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di lapangan. Sehingga satu sisi tidak akan mengganggu wilayah yang besar, di sisi yang lainnya juga dari sisi ekonomi kita tidak terganggu banyak," jelasnya.

Di samping itu, Jokowi juga berharap kepada TNI dan Polri di daerah turut membantu upaya menegakkan disiplin menerapkan protokol kesehatan di masyarakat. Secara khusus, Presiden Ketujuh RI itu menekankan pentingnya penggunaan masker.

Presiden Jokowi menilai ancaman Covid-19 belum selesai dan meminta masyarakat berdisiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News