Pak SBY, Tolong Dengar Saran dari Bang Pangi Ini

Pak SBY, Tolong Dengar Saran dari Bang Pangi Ini
Pangi Syarwi Chaniago. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN

jpnn.com - Elektabilitas Partai Demokrat di Pemilu 2019 diprediksi tidak akan moncer. Meski demikian, partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut belum sampai terpuruk ke papan bawah.

Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago memprediksi PD bakal tetap berada di posisi parpol papan tengah. "Saat ini mereka enggak punya isu, pembelaan terhadap rakyat belum nampak, sehingga sulit ke level tangga partai pemenang pemilu atau partai papan atas," ujar Pangi kepada JPNN, Jumat (14/9).

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini, kondisi makin diperburuk dengan pemberitaan Asia Sentinel yang menurunkan tulisan "Konspirasi Kejahatan Besar SBY" terkait patgulipat Bank Century menjadi Bank Mutiara.

Pangi menilai, partai berlambang mercy itu sebenarnya masih berpeluang untuk dapat bangkit di Pemilu 2019. Caranya, berjuang maksimal memenangkan Prabowo-Sandi.

Langkah lain, menempatkan posisi sebagai partai antitesis pemerintah. Dengan demikian, simpati masyarakat yang selama ini tidak senang dengan pemerintah, berpeluang bakal mendukung PD.

"Jadi, sangat penting PD mengambil peran sebagai antitesis pemerintah, menjadi parpol oposisi yang serius seperti PDIP yang pernah menjadi oposisi sepenuh hati, akhirnya bisa memenangkan hati rakyat," pungkas Pangi.(gir/jpnn)


Perolehan suara Partai Demokrat diprediksi tidak akan moncer. Namun, ada beberapa langkah yang bisa diambil SBY untuk menyelamatkan partainya


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News