Pak Wiranto Yakin Banget RUU Pemilu Bisa Selesai Dibahas

Pak Wiranto Yakin Banget RUU Pemilu Bisa Selesai Dibahas
Menko Polhukam Wiranto. Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto meyakini Rancangan Undang-undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) bakal tuntas dibahas. Saat ini masih ada lima isu krusial dalam RUU Pemilu yang belum disepakati.

"Saya yakin selesai," tegas Wiranto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (10/7). Wiranto berharap agar pembahasan RUU Pemilu tidak alot lagi sehingga bisa segera disahkan mengingat waktu penyelenggaran pemilu sudah dekat. 

Mantan Panglima ABRI itu menambahkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sudah harus bekerja. "Semakin mundur (pengesahan UU) semakin sempit kerja maka yang rugi kita semua," ujarnya.

Lebih lanjut Wiranto mengatakan, pemerintah lewat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kemenkopolhukkam masih terus berkoordinasi dan melakukan lobi-lobi dengan DPR. Hal itu untuk mencari kesepakatan yang tidak merugikan kepentingan nasional maupun pemilih.

Mantan ketua umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu menegaskan, boleh-boleh saja legislatif dan eksekutif bertemu. "Kalau pertemuan antarpansus atau pada level menteri tidak sepakat kita tingkatkan (pertemuan) ke presiden tidak masalah," ujarnya.

Namun, kata Wiranto, lebih baik RUU Pemilu diselesaikan dulu di tingkat menteri dan pansus. Wiranto juga mengaku sudah bertemu ketua fraksi dan para sekjen partai.

Hanya saja belum semua partai. Namun, ada beberapa poin yang disepakati. "Ini bukan soal ngotot, ini kepentingan bangsa tidak perlu ngotot asal kita ada argumentasi sehat," katanya.(boy/jpnn)


Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto meyakini Rancangan Undang-undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) bakal tuntas


Redaktur & Reporter : Boy

Sumber

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News