Pakai Korset Seharian Bisa Berdampak Buruk

Pakai Korset Seharian Bisa Berdampak Buruk
Pakai Korset Seharian Bisa Berdampak Buruk

jpnn.com - MEMAKAI korset bagi sebagian besar wanita merupakan kebiasaan yang dilakukan hampir setiap hari, bahkan selama seharian penuh. Selain memberikan efek langsing, pemakaian korset juga bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Sebagian wanita bahkan percaya bahwa pemakaian korset bisa membantu menurunkan berat badan. Padahal menurut ahli bedah laparoskopi, Dr. Manish Motwani, penggunaan korset bukanlah cara yang tepat untuk menurunkan berat badan secara sehat. Sebab pemakaian dalam jangka panjang dapat membatasi pernapasan, merusak kulit, dan bahkan menimbulkan memar pada organ internal.

"Penurunan berat badan tidak akan didapat dengan memakai korset. Itu hanya akan memberikan tampilan pinggang yang lebih kecil. Meskipun mungkin tampaknya membuat seseorang terlihat lebih ramping, tapi sebenarnya ini hanya ilusi visual sementara saja. Sebab ukuran pinggang tidak berkurang karena korset," kata Dr. Manish, seperti dilansir laman Times of India, Rabu (13/11).

Sementara menurut ahli bedah lainnya, dr Shashank Shah, pemakaian korset dalam medis sebenarnya hanya dianjurkan sesuai kebutuhan, tidak setiap saat digunakan sebagai aksesori. Dr. Shashank juga mengatakan bahwa korset tidak bisa dipakai oleh siapa saja secara acak untuk menurunkan berat badan, terutama bagi pasien hernia dan mereka yang memiliki bekas luka.

Pemakaian korset dapat menyebabkan sesak napas dan ketidaknyamanan saat bergerak. Sebab ketatnya korset tidak memungkinkan masuknya cukup udara untuk mengisi paru-paru. Dengan demikian, wanita akan bernapas pendek dan hanya sampai bagian atas paru-parunya, sehingga menimbulkan munculnya lendir dan batuk. Selain itu, korset juga dapat mengganggu sistem pencernaan dengan cara menekan usus dan menimbulkan sembelit.

Bagi kulit, bahaya lainnya yang bisa muncul adalah kemerahan dan radang. Sementara bagi tulang rusuk, menurut para dokter bisa saja terjadi retak tulang akibat adanya tekanan yang sangat tinggi dan ketat. Lalu, berapa jam maksimal pemakaian korset agar tak mengganggu bagian tubuh? Menurut Dr. Manish, maksimal pemakaian korset yang dianjurkan adalah sekitar 4 hingga 5 jam saja per hari.(fny/jpnn)


MEMAKAI korset bagi sebagian besar wanita merupakan kebiasaan yang dilakukan hampir setiap hari, bahkan selama seharian penuh. Selain memberikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News