Paket Kebijakan Tak Membuat Ekonomi Rakyat Menggeliat

Paket Kebijakan Tak Membuat Ekonomi Rakyat Menggeliat
DPR RI. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Empat jilid paket kebijakan ekonomi pemerintah yang sudah digulirkan dinilai tidak membawa pengaruh bagi perubahan ekonomi nasional. Paket-paket itu justru mengindikasikan bahwa pemerintah tidak memiliki tim ekonomi yang bagus.

“Paket kebijakan tidak berpengaruh. Ekonomi rakyat juga tidak menggeliat. Harusnya paket ekonomi sudah jauh-jauh hari dilaksanakan saat pertama kali memerintah. Bukan sepotong-sepotong seperti ini,” kata anggota Komisi VI DPR Bambang Haryo Soekartono di gedung DPR, Kamis (22/10).

Politikus Gerindra itu justru mengkritik tajam empat paket kebijkan yang sudah dirilis pemerintah sebagai kebijakan coba-coba. Dia menilai, harusnya sebuah paket kebijakan dianalisa dahulu dan dipantau setidaknya tiga bulan sekali. Setelah itu, akan terlihat tingkat keberhasilan dari kebijakan yang dikeluarkan.

Sebagai contoh, bunga KUR dalam paket kebijakan jilid IV yang diturunkan dari 22 persen menjadi 12 persen. “Itu masih terlalu tinggi. Mestinya pelaku UKM bisa menerima sepertiga bunga dari bunga komersial atau sekitar empat persen saja, jauh dari bunga komersial,” ujarnya.

Politikus dari daerah pemilihan Jawa Timur I ini mengatakan, para pelaku UKM harus mendapat perhatian utama dalam paket kebijakan ekonomi pemerintah daripada memberi perhatian lebih kepada para investor asing. (fat/jpnn)


JAKARTA - Empat jilid paket kebijakan ekonomi pemerintah yang sudah digulirkan dinilai tidak membawa pengaruh bagi perubahan ekonomi nasional. Paket-paket


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News