PAN Masih Cari Teman Koalisi

PAN Masih Cari Teman Koalisi
Riza Falepi. Foto: Padek/dok.JPNN.com

jpnn.com - PAYAKUMBUH – Sejumlah partai politik sudah menetapkan pasangan calon kepala daerah-wakil kepala daerah yang akan bertarung di pilkada Payakumbuh, Sumbar, yang digelar 2017 mendatang.

PKS mengusung kembali Riza Falepi sebagai bakal calon (balon) wali kota, lalu Partai Golkar menetapkan Almaisyar, dan DPC PBB merekomendasikan Riza Falepi-Anda Setia Budi.

Sementara, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sumbar, Taslim Chaniago, mengaku sudah menerima balon wali kota dan wakil wali kota Payakumbuh dari pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN setempat. 

Walau begitu, DPW PAN Sumbar belum meneruskan rekomendasi tersebut kepada DPP PAN di Jakarta, karena masih mencari partai koalisi.

”Di DPRD Payakumbuh, PAN hanya punya tiga kursi. Untuk bisa mengusung pasangan bakal calon kepala daerah, PAN mesti koalisi dengan partai lain. Partai koalisi inilah yang masih dicari. Begitu dapat mitra koalisi, baru kita tetapkan siapa yang akan diusung sebagai balon wali kota dan wakil wali kota Payakumbuh,” ujar Taslim Chaniago, saat dihubungi Padang Ekspres (Jawa Pos Group).

Mantan anggota Komisi III DPR-RI itu meyakini, menjelang pendaftaran balon kepala daerah dari jalur partai politik dibuka KPU Payakumbuh, September mendatang, PAN bakal mendapatkan mitra koalisi.

”Kami rasa, dengan modal tiga kursi di DPRD Payakumbuh itu, tidak sulit bagi PAN mendapatkan partai koalisi. Karena kami dengar, partai lain jumlah kursinya juga tidak ada yang lebih dari tiga,” kata Taslim.

Menariknya, walau masih mencari mitra koalisi, tapi Taslim mengakui, DPW PAN Sumbar sudah mengantongi hasil survei awal Pilkada Payakumbuh. 

PAYAKUMBUH – Sejumlah partai politik sudah menetapkan pasangan calon kepala daerah-wakil kepala daerah yang akan bertarung di pilkada Payakumbuh,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News