Panas, Massa Ancam Gantung Ketua KPU Donggala

Panas, Massa Ancam Gantung Ketua KPU Donggala
ILUSTRASI. Aparat Kepolisian siap menjaga keamanan menjelang dan saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, DONGGALA - Kantor KPU Kabupaten Donggala, Sulteng, digeruduk sekitar 100 orang yang melakukan aksi unjuk rasa, Sabtu (30/6). Massa yang didominasi oleh masyarakat Kecamatan Banawa tersebut menyuarakan soal dugaan keberpihakan KPU kepada salah satu paslon.

Massa juga menyampaikan adanya dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Paslon nomor urut 2 sebelum dan sesaat pemungutan suara. Bahkan massa juga menuding ketua KPU berada di kediaman Calon Bupati Donggala Kasman Lassa sehari sebelum voting day.

Ketua KPU Donggala Muhammad Saleh yang berada di depan kerumunan massa membantah tudingan demonstran tersebut. Namun salah satu Koordinator Lapangan (Korlap), Sam Sarkawai mengatakan, bahwa pihaknya memiliki bukti berupa rekaman video ketua KPU saat berada di kediaman Kasman Lassa di Desa Lero. “Kami punya buktinya. Jadi kita akan uji materi bukti-bukti ini,” serunya.

Suasana memanas ketika salah satu Korlap lainnya bernama Ali Radja mengancam akan menggantung ketua KPU Donggala jika terbukti melakukan kejahatan terstruktur, sistematis dan masif untuk kepentingan salah satu Paslon.

“Demi Allah saya gantung anda (ketu KPU Donggala,red). Pegang kata-kata saya. Lihat muka saya pak ketua, saya gantung anda,” ujarnya di hadapan ketua KPU dengan nada tinggi.

Seketika pihak kepolisian langsung mengamankan ketua KPU dari kemumunan massa yang langsung mendekat usai Ali berdiri tepat di hadapan ketua KPU.

Kepada awak media, ketua KPU kembali menegaskan bahwa tudingan tersebut tidak benar. Saleh mengungkapkan, sejak tanggal 25 Juni dirinya sudah berada di Kecamatan Sojol ikut serta dalam distribusi logistik dan persiapan voting day. “Saya pulang ke Kota Palu nanti tanggal 28 Juni. Saya juga punya bukti foto-foto saat saya berada di Kecamatan Sojol,” tegasnya.

Selang beberapa menit, demonstran kemudian melanjutkan perjalanan ke kantor Panwaslu Donggala. Tujuh orang perwakilan dari demonstran diterima langsung oleh ketua Panwaslu Donggala, Mohammad Fikri.

Aksi unjuk rasa oleh massa yang kecewa hasil Pilkada Donggala, mengancam akan menggantung Ketua KPU Donggala.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News