Pancasila Terbukti Ampuh Jaga NKRI

Pancasila Terbukti Ampuh Jaga NKRI
Ilustrasi Pancasila. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Syaiful Bakhri mengatakan, Pancasila terbukti ampuh menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ideologi Pancasila telah diuji sepanjang bangsa kita lahir. Kalau sekarang di masa gaduh politik ada pihak tertentu yang ingin memecah NKRI, maka hanya bangsa kita yang bisa menyelesaikan,” ujar Syaiful, Senin (15/10).

Dia menambahkan, mewujudkan perdamaian dan cita-cita luhur bisa dilakukan dengan memperkuat Pancasila yang ditopang oleh agama-agama di Indonesia.

Dia meyakini Indonesia bisa keluar dari isu-isu yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan.

Syaiful juga menyarankan media memberikan berita yang mencerahkan masyarakat.

Selain itu, masyarakat juga harus pandai menyaring berbagai informasi yang ada di media konvensional maupun media sosial.

"Ketika menerima sebuah informasi, masyarakat harus pandai mengendapkan, meneliti, baru kemudian berpendapat. Informasi yang baik adalah informasi untuk merekatkan persatuan dan kesatuan,” kata Syaiful. (jos/jpnn)


Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Syaiful Bakhri mengatakan, Pancasila terbukti ampuh menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News