Pandemi Covid-19 P4S Rahayu Tani Tetap Berikan Performa Baik, Efisiensi hingga 15 Persen

Pandemi Covid-19 P4S Rahayu Tani Tetap Berikan Performa Baik, Efisiensi hingga 15 Persen
Selama Pandemi Covid-19 Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Rahayu Tani, tetap memberikan performa bisnis baik. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Selama Pandemi Covid-19 Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Rahayu Tani, Kabupaten Bandung tetap memberikan performa bisnis baik.

Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Siti Munifah menilai P4S masih memiliki profil pertanian maju, mandiri, dan modern.

Menurut dia, P4S Rahayu Tani ini fokus mengembangkan hilirisasi pertanian dalam platform bisnisnya. Mereka mampu memutus mata rantai distribusi komoditi pertanian. Hasilnya, ada efisiensi signifikan hingga 15 persen yang berujung kesejahteraan bagi semua.

"Sistem bisnis yang dikembangkan P4S Rahayu Tani sangat bagus. Bisa memutus mata rantai tata niaga secara maksimal. Petani otomatis bisa mendapatkan harga jual yang bagus. Tidak ada lagi permainan harga dan semua transparan,” ungkap Siti dalam keterangan yang diterima, di Jakarta Selasa (9/3).

Dia menjelaskan, unit bisnis P4S Rahayu Tani tersebut tergolong unik karena tumbuh dan berkembang bersama pandemi Covid-19. Bahkan, kata dia, serapan pasarnya sangat tinggi seiring diterapkannya kebijakan social distancing secara total waktu itu.

“Terkait manajemen P4S Rahayu Tani, ada berbagai hal yang harus diperhatikan P4S agar bisnisnya semakin tumbuh berkembang. Secara teknis, mereka harus memperhatikan prosesnya mulai grading, packing, hingga distribusinya. Kreativitas harus ditingkat terus," imbuh Siti.

Siti menyebutkan, P4S Rahayu Tani mampu mengembangkan beragam konsep marketing.

Dia menyebutkan, selain online, mereka juga menawarkan produknya secara dor to tor ke perumahan termasuk beragam komunitas usaha.

Selama Pandemi Covid-19 Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Rahayu Tani, tetap memberikan performa bisnis baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News