Pandemi Covid-19 Terkendali, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Makin Membaik

Pandemi Covid-19 Terkendali, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Makin Membaik
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan pandemi Covid-19 di Indonesia makin terkendali. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai baik seiring dengan terkendalinya pandemi Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan, pandemi makin terkendali dengan diikuti kebijakan yang adaptif. Dengan begitu, ekonomi nasional bisa meningkat.

"Peningkatan ekonomi nasional harus terus dilakukan untuk bangkit dari pandemi,” kata Wiku dalam konferensi pers perkembangan penanganan Covid-19 per 2 Juni 2022 di Indonesia yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Wiku menyebutkan kondisi ekonomi Indonesia pada kuartal I pada 2022 telah membaik karena mengalami pertumbuhan 5,01 persen dibandingkan pada awal pandemi 2020 yang hanya 2,97 persen secara tahunan.

"Data tersebut memberikan kabar baik di tengah transisi pandemi yang makin terkendali dan diikuti kebijakan yang adaptif, seperti pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan vaksinasi," ungkapnya.

Pada aspek lain, pemerintah terus berupaya meningkatkan kerja sama luar negeri melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). 

Pandemi Covid-19 di Indonesia makin tertangani dengan baik, sektor parekraf makin siap untuk menerima kembali wisatawan internasional.

“Pada 1 Juni, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif bersama Satgas Covid-19 dan pemerintah Singapura melakukan pertemuan untuk membahas kebijakan pariwisata, pelonggaran pembatasan perjalanan serta optimalisasi destinasi wisata di Batam, Bintan dan Bali,” ucap Wiku.

Prof Wiku menyatakan peningkatan ekonomi nasional harus terus dilakukan untuk bangkit dari pandemi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News