Pandji Pragiwaksono dan Jurus Kalahkan Pembajakan

Pandji Pragiwaksono dan Jurus Kalahkan Pembajakan
Pandji Pragiwaksono. FOTO: JAWA POS

jpnn.com - SAAT musisi mengeluh tentang pembajakan dan minimnya kesadaran masyarakat mengonsumsi konten legal, Pandji Pragiwaksono malah menerapkan langkah berani. Dia membagikan download link legal secara gratis untuk lagu-lagu karyanya. Keren! 

Dia mampu survive dengan cara itu.

Pada era musik digital seperti sekarang, sulit sekali memaksa masyarakat untuk mengonsumsi konten legal. 

Kalaupun pemerintah berhasil memberangus jutaan situs penyedia musik ilegal, belum tentu masyarakat mau mengeluarkan duit untuk membeli karya musisi. Pandji Pragiwaksono setuju, ini adalah krisis. 

Ya, bagi dia, krisis yang dihadapi dunia musik tanah air bukanlah pembajakan atau maraknya situs download tak resmi. "Tapi, keengganan untuk berubah," ucapnya. 

Di era sekarang, ketika format fisik bergeser ke digital, musisi Indonesia harus mau belajar banyak. Tidak hanya dari sisi musik, tapi juga dunia digital, sisi bisnis, dan marketing

Kalau mau menyalahkan pembajakan, kata Pandji, hanya buang-buang energi. "Pembajakan mah ada terus, nggak akan hilang," ujar pria kelahiran Singapura, 18 Juni 1979, tersebut. 

Berbeda halnya dengan mengalahkan pembajakan. "Artinya, kita tahu pembajakan itu ada. Tapi, kita punya strategi untuk menaklukkannya," tegas musisi rap yang juga aktor, host, dan stand-up comedian tersebut.

SAAT musisi mengeluh tentang pembajakan dan minimnya kesadaran masyarakat mengonsumsi konten legal, Pandji Pragiwaksono malah menerapkan langkah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News