Panglima TNI Berencana Tambah Kapal Bantu Rumah Sakit

Panglima TNI Berencana Tambah Kapal Bantu Rumah Sakit
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto: Miftahul Hayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menginginkan kapal jenis bantu rumah sakit (BRS) ditambah. Hal ini mengingat kapal BRS milik Indonesia hanya satu yakni KRI dr Soeharso.

"Mudah-mudahan renstra ketiga, kami ajukan untuk penambahan. Kami hitung sesuai renstra dan keuangan negara," kata Hadi di sela-sela acara joy sailing bersama dengan sejumlah pemimpin redaksi media di Teluk Jakarta, Senin (23/7).

Hadi melanjutkan, penambahan kapal BRS sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat yang berada di pulau terluar Indonesia. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kapal ini memberikan bantuan terhadap bencana alam.

"Ini kapal rumah sakit yang bisa kami set up sebagai rumah sakit kelas satu, dua atau tiga. Saya tadi dijelaskan dokter, semuanya lengkap dan ada beberapa perlengkapan yg alat-alatnya mungkin kami ganti, karena KRI Soeharso bukan untuk anggota TNI saja, tapi untuk masyarakat di pulau terdepan," kata Hadi.

Jika ada penambahan kapal BRS, Hadi ingin menempatkannya di wilayah Indonesia bagian timur. Hadi menilai, Indonesia bagian timur sangat membutuhkan kapal tersebut.

"Kami inginnya ideal tapi minimum esensial force peruntukannya perlu untuk Koarmada III," pungkas Hadi. (tan/jpnn)


Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menginginkan kapal jenis bantu rumah sakit (BRS) ditambah.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News