Panglima TNI Sampai Mengerahkan Babinsa di Seluruh Indonesia Demi Tugas ini

Panglima TNI Sampai Mengerahkan Babinsa di Seluruh Indonesia Demi Tugas ini
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan pengarahan kepada Babinsa TNI AD, Babinpotmar TNI AL, dan Babinpotdirga TNI AU di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (27/7/2021).(ANTARA/HO-Puspen TNI)

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya mengerahkan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk melakukan 'tracer' pelacakan (digital), demi menekan penyebaran COVID-19.

Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan hal itu saat menyerahkan laptop secara simbolis kepada Babinsa TNI AD, Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) TNI AL, dan Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) TNI AU.

Laptop diberikan pada prajurit yang akan melaksanakan tugas sebagai tenaga Tracer Digital COVID-19, di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (27/7).

Panglima TNI menyampaikan bahwa laptop itu merupakan peralatan yang harus digunakan dan harus dikuasai.

Karena itu adalah senjatanya para Babinsa, Babinpotdirga dan Babinpotmar dalam menjalankan tugas sebagai tracer digital.

Menurut dia, penguasaan teknologi penting dipegang oleh para Babinsa untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Oleh karena itu, para Babinsa, Babinpotdirga dan Babinpotmar diberikan pelatihan sebagai tenaga tracer digital," katanya dalam siaran persnya.

Selama ini para Babinsa TNI AD, AL, dan AU melaksanakan tracer lapangan, namun hasilnya tidak masif.

Karena itu, TNI saat ini akan menggunakan dua strategi, yaitu tracer lapangan dan tracer digital.

Mantan Irjen Kementerian Pertahanan ini menjelaskan, para Babinsa yang menjadi tenaga tracer akan melakukan wawancara kepada warga yang diduga menjalin kontak erat dengan pasien COVID-19.

"Tracer digital nantinya akan melaksanakan wawancara melalui WhatsApp (WA) atau telepon dengan beberapa pertanyaan yang telah disiapkan."

"Apabila ada kendala maka tenaga tracer lapangan akan bergerak menuju sasaran, yaitu masyarakat yang dikonfirmasi masuk pada tracing kontak erat," paparnya.

Panglima TNI mengerahkan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) di seluruh Indonesia, demi menjalankan tugas yang satu ini.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News