Panglima TNI: Siapnya Bagaimana, Urusan Saya!

Panglima TNI: Siapnya Bagaimana, Urusan Saya!
Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Titik lokasi tawanan 10 ABK Kapal tugboat Brahma 12 yang disandera kelompok Abu Sayyaf sudah terdeteksi. Informasi dari Militer Filipina itu sudah masuk ke Panglima TNI.

"Ada di wilayah Filipina. Mereka (Militer Filipina red) sudah tahu lokasinya, setiap saat memantau," ujar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai acara penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi Tahun Pajak 2015 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta kemarin (30/3).

Tapi sayangnya, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu mengaku pihaknya belum mengetahui secara detail lokasi tersebut dari pihak Filipina.

Dia memastikan, otoritas negara yang berada di utara Sulawesi itu akan memantau terus keberadaan dan aktivitasnya. Dia juga terus melakukan komunikasi intensif dengan Panglima tentara Filipina, Jenderal Irriberri.

Dalam kesempatan tersebut, Gatot juga menegaskan jika TNI belum memberangkatkan alutsista apapun ke wilayah Filipina. Sebab hingga saat ini, Filipina belum meminta bantuan kekuatan militer kepada Indonesia. Sementara memasukkan alutsista ke negara lain buka perkara mudah.

Namun Jenderal bintang empat itu memastikan semua prajurit TNI berada dalam kondisi siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. "Siapnya bagaimana, itu adalah urusan saya. Siapnya bagaimana adalah urusan saya," kata Gatot dengan suara meninggi.

Disinggung soal wacana Tarakan yang digunakan sebagai tempat pangkalan operasi pembebasan, Gatot langsung membantah hal tersebut. Menurutnya, di Tarakan memang ada pangkalan Angkatan Laut yang selalu siaga di sana setiap waktunya.

Selain itu, lanjutnya, di Tarakan saat ini juga tengah ada latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI. Dia menegaskan jika latihan tersebut merupakan latihan rutin tahunan yang tidak berkaitan dengan penyanderaan WNI. "Di mana tempat latihannya, itu tergantung saya," tuturnya.

JAKARTA – Titik lokasi tawanan 10 ABK Kapal tugboat Brahma 12 yang disandera kelompok Abu Sayyaf sudah terdeteksi. Informasi dari Militer Filipina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News