Panglima TNI: Tugas Gartap I/Jakarta Siapkan dan Latih Paskibraka Nasional

Panglima TNI: Tugas Gartap I/Jakarta Siapkan dan Latih Paskibraka Nasional
Tampak anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) saat geladi di Istana Merdeka, Jakarta. FOTO: Puspen TNI

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) memiliki tugas utama yakni mengibarkan Sang Saka Merah Putih dalam Upacara Peringatan HUT RI ke-71 di tingkat Nasional bersama dengan pasukan lainnya. Upacara peringatian detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan di Istana Merdeka, dilatih oleh prajurit TNI yang sehari-hari berdinas di Garnisun Tetap I/Jakarta.

“Tugas kita menyiapkan pasukan dan melatih Pasukan,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo seperti siaran pers Pusat Penerangan TNI diterima, Selasa (16/8).

Dalam rangkaian Peringatan HUT RI ke-71, Komando Garnisun Tetap I/Jakarta sering disebut dengan Kogartap I merupakan panitia utama dalam kegiatan ini.

Komando Garnisun Tetap I/Jakarta bertugas menegakkan hukum, disiplin dan tata tertib prajurit TNI dan PNS TNI di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Selain itu, juga melakukan tugas-tugas protokoler kenegaraan berskala Internasional maupun nasional.

Dalam pelatihan Paskibraka Nasional yang dilaksanakan mulai tanggal 28 Juli sampai dengan 16 Agustus 2016, Kapten Inf Suswan selaku Wakil Koordinator Pelatih telah melatih 68 orang Paskibraka tentang gerakan dasar peraturan baris-berbaris.

“Para Paskibraka ini saya latih mereka gerakan di tempat, jalan di tempat, penghormatan, langkah tegap, cara menaikkan bendera, dan bagaimana membawa baki,” katanya.

Kapten Inf Suswan yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubgar 0501/Jakarta Pusat menyampaikan bahwa syarat anggota Paskibraka antara lain ketahanan fisik dan keterampilan baris berbaris. Untuk itu, perlu latihan intensif yang dilakukan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP PON) Kemenpora Cibubur.

“Sejauh ini fisik mereka tidak ada masalah, cukup prima, karena kita juga lakukan pembinaan fisik seperti senam, lari dan lain-lain, tentunya untuk menunjang penampilan mereka nanti,” jelasnya.(fri/jpnn)


JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) memiliki tugas utama yakni mengibarkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News