Panitia Sebut PON XX Papua Bakal Bebas dari Ancaman KKB

Panitia Sebut PON XX Papua Bakal Bebas dari Ancaman KKB
Stadion Utama Papua Bangkit (kini bernama Stadion Lukas Enembe) di Sentani Timur akan dipakai untuk PON XX. Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua menjamin ajang multievent empat tahunan di Bumi Cenderawasih itu bakal aman dan bebas dari ancaman kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Sekretaris Umum PB PON Elia Loupatty mengatakan TNI-Polri dari Kodam Cenderawasih dan Polda Papua akan terjun langsung mengamankan para kontingen PON Papua sejak mereka turun dari pesawat.

“Untuk keamanan, kami percaya kepada TNI dan Polri. Pangdam dan Kapolda sudah memberi jaminan bahwa PON akan aman. Gubernur Lukas Enembe pun sudah memberi jaminan aman,” kata Elia Loupatty dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Terkait KKB, Elia menyebut kerusuhan tersebut jauh dari lokasi penyelenggaraan PON Papua sehingga pihaknya mengajak semua peserta untuk tidak takut datang demi menyukseskan PON.

Kesuksesan PON Papua, menurutnya, bakal menjadi momen kebangkitan Indonesia melewati pandemi COVID-19.

Selain personel TNI-Polri, Ketua II PB PON Roy Letlora menambahkan pengamanan PON Papua juga akan melibatkan para pemuda setempat.

Para pemuda tersebut dijadikan sukarelawan untuk turut mengamankan pergelaran PON Papua di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

“Divisi SDM sudah merekrut seluruh anak muda untuk menjaga keamanan di sana, jadi pengamanannya ini sifatnya ke persuasi dan kekeluargaan,” ujar Roy.

Para kontingen PON XX Papua akan dilindungi sejak turun dari pesawat. TNI dan Polri juga sudah memberi jaminan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News