JPNN.com

Panitia Seleksi 21 Bakal Calon Rektor UI, Siapa Kandidat Kuat?

Sabtu, 24 Agustus 2019 – 15:09 WIB Panitia Seleksi 21 Bakal Calon Rektor UI, Siapa Kandidat Kuat? - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor Universitas Indonesia (P3CR UI) telah menjaring 21 nama untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam pemilihan bakal calon Rektor UI yang baru.

Pada 2 September 2019 nanti, panitia dijadwalkan sudah harus melakukan penyaringan untuk diseleksi kembali oleh Panitia Khusus Pemilihan Rektor Universitas Indonesia (Pansus Pilrek UI).

Ke-21 nama bakal calon ini sudah ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UI pada 12 Agustus 2019.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Hariyadi Sukamdani berharap sebanyak 21 nama bakal calon rektor UI mampu memenuhi kualitas dan kapasitas untuk membawa UI mampu bersaing di level global.

Menurutnya, kualitas dan keahlian SDM Indonesia akan menentukan kekuatan SDM Indonesia dalam persaingan tenaga kerja internasional. Lulusan perguruan tinggi nasional harus siap kerja dan memiliki kualitas di atas rata-rata agar tidak tergerus oleh tenaga kerja asing.

“Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, yang menjadi barometer bagi perguruan tinggi lainnya,” kata Hariyadi Sukamdani, kemarin.

Hariyadi menandaskan Rektor UI perlu memiliki mindset terbuka bahwa perguruan tinggi memiliki kesempatan untuk menang dalam persaingan global bagi anak didiknya.

Hal senada diungkapkan Cris Kuntadi, Ketua Alumni Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). Menurutnya, UI memerlukan figur rektor baru yang berpengalaman, memahami UI secara baik, memiliki jiwa kewirausahaan dan memahami tata kelola yang baik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...