Panselnas Jamin Soal Tes CPNS 2013 tak Bocor

Panselnas Jamin Soal Tes CPNS 2013 tak Bocor
Panselnas Jamin Soal Tes CPNS 2013 tak Bocor

jpnn.com - JAKARTA - Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menjamin soal tes CPNS 2013 tidak akan bocor. Alasannya, pengawasan berlapis akan dilakukan pemerintah mulai dari master soal hingga hasil lembar jawaban komputer dikumpulkan.

"Insya Allah tidak akan terjadi kebocoran. Pengawasan berlapis sudah kita lakukan dan dibuat SOP sedetil mungkin," kata Ketua Panselnas CPNS 2013, Eko Sutrisno dalam konpres, Selasa (24/9).

Eko Sutrisno yang juga kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini membeberkan upaya pengamanan dan pengawasan yang dilakukan Panselnas. Kata dia, begitu soal diserahkan konsorsium ke MenPAN-RB, langsung dikunci oleh Lemsaneg. Setelah itu diserahkan ke gubernur untuk langsung digandakan. Penyerahannya dilakukan saat akan dicetak.

"Di percetakan, Lemsaneg akan membuka kunci sandinya dan langsung dicetak. Nantinya selama 1x24 jam akan diawasi BPKP, BKN, Polri, BIN, Lemsaneg, ICW, dan pengawas daerah," ujarnya.

Pengawasan itu kemudian berlanjut pada distribusi soal. Diupayakan soal tersebut tidak menginap kecuali untuk daerah tertentu. "Bisa diinapkan di Polres atau Polsek atau lokasi lainnya yang dianggap aman," tambah Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja.

Begitu tes selesai dilaksanakan, tim Panselnas kembali mengumpulkan seluruh soal (baik yang terpakai maupun tidak) dan LJK. Oleh Panselnas dibawa langsung ke Jakarta dan dititipkan ke Setneg.

"Di Setneg LJK baru diperiksa dan diolah. Jadi insya Allah celah kebocoran tidak ada lagi. Karena itu seluruh masyarakat termasuk pers, kami harap bisa mengawasi proses ini," tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menjamin soal tes CPNS 2013 tidak akan bocor. Alasannya, pengawasan berlapis akan dilakukan pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News