Pansus Angket Bakal Panggil Penyidik KPK

Pansus Angket Bakal Panggil Penyidik KPK
Petugas kebersihan sedang membersihkan logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto/ilustrasi: Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Pansus Angket KPK memastikan akan memanggil pakar hingga penyidik untuk diminta klarifikasi terkait temuan-temuan yang diperoleh.

Wakil Ketua Pansus Hak Angket KPK Eddy Kusuma Wijaya mengatakan akan lebih banyak lagi pihak-pihak yang dipanggil. "Akan bertambah. Ini akan dijadwalkan," kata Eddy, Kamis (28/9).

Meski tidak menyebut nama, Eddy menuturkan, yang akan dipanggil antara lain penyidik KPK, maupun pakar-pakar hukum.

"Penyidik ada beberapa yang kami panggil. Karena menurut laporan yang masuk ke kami, banyak dugaan pelanggaran yang dilakukan (oknum) penyidik KPK," jelasnya.

Pakar hukum, kata Eddy, juga akan dipanggil untuk memberikan keterangan. Terlebih lagi pakar itu punya konsep-konsep untuk bagaimana menguatkan KPK.

"Yang jelas bukan hanya lembaga KPK yang dikuatkan, tapi sebetulnya pemberantasan korupsi yang perlu dikuatkan," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, masih banyak yang harus diungkap Pansus Angket KPK. Meskipun sudah ada beberapa temuan, Pansus akan terus bekerja. "Kami akan mengumpulkan lagi, karena dari empat aspek masih banyak yang kami rasakan kurang," katanya.

Sebelumnya, pansus sudah melaporkan hasil kerja yang menemukan dugaan pelanggaran di empat aspek KPK. Yakni, aspek kelembagaan, kewenangan, anggaran, dan tata kelola sumber daya manusia. (boy/jpnn)


Eddy Kusuma Wijaya mengatakan akan lebih banyak lagi pihak-pihak yang dipanggil.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News