Pantura Sudah Bisa Dilewati Pemudik Akhir Juni

Pantura Sudah Bisa Dilewati Pemudik Akhir Juni
Pantura Sudah Bisa Dilewati Pemudik Akhir Juni

jpnn.com - SEPERTI sudah menjadi tradisi, setiap menjelang lebaran Kementerian Pekerjaan Umum selalu sibuk membenahi jalur pantai utara (pantura). Sekarang, jalur favorit para pemudik tujuan Jateng dan Jatim itu sedang diperbaiki. Kementerian yang dipimpin Djoko Kirmanto itu menargetkan jalur sudah bisa digunakan pemudik akhir Juni nanti.

Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian PU Adriananda mengatakan, fokus perbaikan pantura berada di Jawa Barat sepanjang 25 kilometer dan Jawa Tengah sepanjang 55 kilometer. "anggal 30 Juni jalur tersebut sudah bisa dilalui oleh pemudik," kata Adriananda. 

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dibuat pusing dengan aturan pemotongan anggaran yang diberlakukan pemerintah. Hal itu membuat anggaran pembangunan harus dipangkas. Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang sudah disusun juga terancam kacau.

Meski pemotongan tersebut salah satunya pada anggaran pembangunan jalan, Menteri PU Djoko Kirmanto menegaskan, hal itu tidak berdampak pada perbaikan lajur utama di sisi pantai utara (Pantura) Jawa menghadapi arus mudik lebaran tahun ini. Lulusan Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada itu memastikan, jalur pantura sudah bisa digunakan sebelum lebaran.

Terkait pemangkasan anggaran, Djoko mengatakan, pihaknya memang tidak bisa berbuat banyak dengan kebijakan tersebut. Sebab, hal itu sudah keputusan resmi pemerintah. ”Harus kami patuhi,” Adriananda. (aph/fal/mas)

SEPERTI sudah menjadi tradisi, setiap menjelang lebaran Kementerian Pekerjaan Umum selalu sibuk membenahi jalur pantai utara (pantura). Sekarang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News