Paparkan Disertasi, Korban Lapindo Berapi-api

Paparkan Disertasi, Korban Lapindo Berapi-api
Paparkan Disertasi, Korban Lapindo Berapi-api
MALANG - Apa jadinya jika salah seorang korban lumpur Lapindo Sidoarjo membuat disertasi? Judul disertasinya pun masih erat kaitannya dengan musibah besar yang dialaminya. Inilah yang terlihat dari ujian disertasi Abdul Rokhim, mahasiswa program doktor Ilmu Hukum, Fakultas Hukum (FH) Universitas Brawijaya (UB), Kamis (29/7) kemarin.

Dalam presentasinya, tak jarang Rokhim terlihat berapi-api. Dalam disertasi berjudul Tanggung Jawab Negara Terhadap Korban Kerusakan Lingkungan Hidup (Kasus Semburan Lumpur Panas di Sekitar Area Eksplorasi PT Lapindo Brantas di Sidoarjo Jawa Timur), dosen Universitas Islam Malang (Unisma) ini mengatakan bahwa pemerintah harus bertanggungjawab terhadap musibah yang terjadi di Sidoarjo.

"Dari awal pemerintah sudah salah memberi izin, karena wilayah tersebut bukan penambangan, melainkan pertanian," ungkap Rokhim yang rumahnya mulai terendam lumpur pada Agustus 2006 lalu. Selain itu, kurangnya pengawasan terhadap aktivitas penambangan juga menjadi penyebab terjadinya musibah.

Meski menuntut pemerintah bertanggungjawab, Rokhim menegaskan bukan berarti semua dibebankan pada pemerintah. "Perlu ada rekonstruksi tanggung jawab negara," ujarnya. Maksudnya, negara harus membebankan tanggung jawab sepenuhnya kepada kontraktor untuk membayar ganti rugi dan pemulihan lingkungan. "Kalau semua dibebankan pada pemerintah, APBN bisa jebol," ungkapnya.

MALANG - Apa jadinya jika salah seorang korban lumpur Lapindo Sidoarjo membuat disertasi? Judul disertasinya pun masih erat kaitannya dengan musibah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News