Para Buruh Terbitkan Resolusi Maja, Tuntut Pemerintah Cabut 3 UU Penting

Para Buruh Terbitkan Resolusi Maja, Tuntut Pemerintah Cabut 3 UU Penting
Sejumlah pimpinan organisasi buruh melahirkan resolusi Maja, tuntut pemerintah mencabut tiga undang-undang penting. Foto: Ist.

jpnn.com - MAJA - Para buruh masih terus bergerak agar pemerintah mencabut Undang-Undang Cipta Kerja, karena dinilai sangat merugikan para pekerja.

Terbaru, sejumlah pimpinan serikat buruh maupun serikat pekerja tingkat nasional kembali berkumpul di Maja, Lebak, Banten, Sabtu (22/7) malam.

Dalam pertemuan gerakan buruh menamakan Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) ini dihasilkan kesepakatan yang disebut Resolusi Maja.

Menurut Ketua Umum GSBI Rudi HB. Daman, resolusi Maja merupakan penyempurnaan dari Resolusi Majalengka, yang sebelumnya menetapkan akan dilakukan aksi besar para buruh pada 10 Agustus, untuk menuntut pemerintah mencabut UU Cipta Kerja dan UU Kesehatan.

Para buruh rencananya akan menggelar aksi di depan Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tuntutan ini dinaikan lagi seiring dengan perkembangan kebijakan politik serta makin bertambahnya organisasi buruh yang bergabung dalam AASB," ujar Rudi dalam keterangannya, dipublikasikan Minggu (23/7).

Baca Juga:

Sementara itu Ketua Umum SPN Djoko Heriyono menyoroti UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

Menurutnya, undang-undang dikhawatirkan akan meliberalisasi sektor keuangan termasuk penggunaan oleh pemerintah terhadap dana-dana yang dikumpulkan masyarakat.

Sejumlah pimpinan organisasi buruh melahirkan resolusi Maja, tuntut pemerintah mencabut tiga undang-undang penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News