Para Gubernur ini Langsung Bergerak Menjalankan Imbauan Mendagri

Para Gubernur ini Langsung Bergerak Menjalankan Imbauan Mendagri
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah gubernur merespons dengan cepat  imbauan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian untuk memugar anjungan masing-masing provinsi yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Antara lain, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Lampung Arianal Djunaidi, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Gubernur Maluku Murad Ismail.  

Kemudian, Gubenur Riau Syamsuar sudah memerintahkan jajarannya segera melakukan perbaikan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga sudah mengirim tim untuk memperbaiki anjungan yang ada di TMII. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam keterangannya mengatakan akan merenovasi anjungan Provinsi Jatim sebagai salah satu upaya mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

“Pembenahan akan dikebut, sejalan dengan renovasi secara luas yang dilakukan pemerintah pusat di area TMII dan diharapkan selesai sebelum pelaksanaan KTT G20 Oktober 2022,” ujar Khofifah dalam keterangannya, Rabu (20/7).

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau Ridho Adriansyah mengatakan Gubernur Riau Syamsuar dan Sekertaris Daerah (Sekda) SF Hariyanto sudah memerintahkan untuk dilakukan pendataan. 

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Sektetaris Negara Pratikno meninjau  pelaksanaan pemugaran TMII, Senin (18/7). Tito menyebut pihaknya telah membentuk tim dan turun ke lapangan membuat klasifikasi kondisi setiap anjungan yang ada.  

"Tim sudah turun langsung ke setiap anjungan membuat klasifikasi, mana rusak ringan, sedang, berat, dan ada yang belum memiliki anjungan," katanya. Sementara itu Pratikno mengatakan perkembangan pemugaran TMII menunjukkan hasil yang sangat positif. 

Sejumlah gubernur langsung bergerak cepat menjalankan imbauan Mendagri Tito Karnavian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News