Para Pengusaha Berkomitmen Dukung Pemerintah Wujudkan NZE

Para Pengusaha Berkomitmen Dukung Pemerintah Wujudkan NZE
Tangkapan layar - webinar virtual 'Apa Arti NZE untuk Sektor Swasta?' yang digelar IBCSD bekerja sama dengan Kadin, Selasa (14/12/2021). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) Shinta W Kamdani mendukung langkah pemerintah menargetkan pembangunan ekonomi rendah karbon, yakni dengan meningkatkan upaya-upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Menurutnya, IBCSD bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) akan ikut berperan dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan sektor swasta tentang pentingnya transisi ke net zero emission (NZE).

"Kami juga akan mempromosikan kepemimpinan bisnis dan tindakan kolektif, serta memperkuat kolaborasi di antara berbagai pemangku kepentingan," ujar Shinta pada webinar virtual 'Apa Arti NZE untuk Sektor Swasta?' yang digelar IBCSD bekerja sama dengan Kadin, Selasa (14/12).

Pandangan senada juga dikemukakan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laksmi Dhewanti.

Menurutnya, Indonesia telah berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca sampai dengan 41 persen melalui target nationally determined contribution (NDC).

Namun, dengan syarat adanya dukungan kerja sama internasional.

"Tanpa syarat tersebut, maka unconditional target NDC Indonesia sebesar 29 persen telah didistribusikan kelima sektor prioritas," ucapnya.

Yaitu, kehutanan dan penggunaan lahan lainnya, energi, limbah, industri proses dan pertanian.

Para pengusaha berkomitmen mendukung pemerintah mewujudkan net zero emission (NZE).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News