Pariwisata Bali Pulih, Kedatangan Internasional Tumbuh 5,41%

Pariwisata Bali Pulih, Kedatangan Internasional Tumbuh 5,41%
Presiden Joko Widodo saat membuat vlog dengan latar para wisatawan yang sedang berada di Pantai Kuta, Badung, Bali, Jumat (22/12). Foto: istimewa

jpnn.com, DENPASAR - Kondisi pariwisata Bali berangsur-angsur normal. Tanda–tanda pulihnya pariwisata di Pulau Dewata pun bisa dilihat dari data kedatangan penumpang internasional di Bandara Ngurah Rai.

Pergerakan penumpang di Bandara Ngurah Rai pada 19 Desember 2017 atau H-6 menjelang Natal dan tahun baru (Nataru), untuk kedatangan domestik tercatat 14.132 penumpang dan 12.346 penumpang internasional. Sedangkan jumlah kedatangan pada tanggal yang sama 2016 lalu mencapai 14.909 penumpang domestik dan 14.116 penumpang internasional.

Sementara pada 20 Desember 2017 atau H-5 Nataru tercatat 15.366 kedatangan penumpang domestik dan 12.385 penumpang internasional. Jumlah kedatangan penumpang internasional pada tahun ini tumbuh 5,41 persen dibandingkan tanggal yang sama tahun 2016 sebanyak 11.749.

Adapun jumlah kedatangan penumpang domestik 15.672. Berdasar data tersebut, pelaku pariwisata optimistis akan terjadi kenaikan jumlah kedatangan wisatawan yang berlibur di Bali pada momen Nataru.

Optimisme itu disampaikan Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Bali I Ketut Ardana. "Data yang kami dapat dari bandara angka arrival sudah 11 ribu wisatawan. Jika airport tetap open sampai Nataru, setidaknya angka sama seperti tahun lalu bisa kita capai," beber I Ketut Ardana seperti diberitakan Radar Bali.

Dia mengaku optimistis dengan gencarnya pemerintah bersama industri  memberikan informasi-informasi positif tentang Bali bahwa hanya di sekitar radius 8-10 kilometer dari kawah Gunung Agung, pariwisata pun menggeliat lagi. "Ditambah lagi mitigation plan yang sudah semakin jelas permintaan untuk Nataru perlahan-lahan akan meningkat terus," terang Ardana.(rb/zul/mus/mus/JPR)


Pariwisata di Bali mulai normal. Tanda pulihnya pariwisata di Pulau Dewata pun bisa dilihat dari data kedatangan penumpang internasional di Bandara Ngurah Rai.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News