Pariwisata Nasional Ditargetkan Raup Rp 111,7 Triliun, Simak Saran Lestari Moerdijat

Pariwisata Nasional Ditargetkan Raup Rp 111,7 Triliun, Simak Saran Lestari Moerdijat
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan saran agar target pariwisata nasional meraup Rp 111,7 triliun terealisasi pada tahun ini. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan pemerintah pusat dan daerah harus membangun harmoni secara konsisten dalam setiap kebijakan untuk mempercepat pertumbuhan di sejumlah sektor pembangunan, termasuk sektor pariwisata.

"Untuk mengakselerasi proses pembangunan di sektor pariwisata dibutuhkan komitmen kuat semua pihak dalam merealisasikan sejumlah kebijakan yang telah disepakati bersama antara pemerintah di tingkat pusat dan daerah," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/4).

Dia menyebutkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah wisatawan mancanegara naik lebih dari dua kali lipat pada 2022 jika dibandingkan dengan periode sebelumnya di masa pandemi.

Daerah asal para wisatawan mancanegara di dominasi oleh negara tetangga, yakni Malaysia, Timor Leste, Australia, dan Singapura.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan pendapatan yang dihasilkan dari pariwisata nasional pada 2023 ini mencapai sekitar Rp 111,7 triliun.

Kunjungan wisatawan terus didorong, khususnya pada 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas melalui penyelenggaraan berbagai event bertaraf internasional.

"Untuk mewujudkan hasil yang maksimal, kepastian terselenggaranya sejumlah event yang mampu menarik minat wisatawan tersebut harus menjadi kepedulian bersama antara pemerintah pusat dan daerah," saran politikus Partai NasDem itu.

Rerie yang akrab disapa itu menegaskan inkonsistensi dalam pelaksanaan suatu event akan berdampak pada hilangnya kepercayaan calon wisatawan untuk berkunjung ke tanah air dan tentu berpotensi menimbulkan kerugian dengan hilangnya potensi pendapatan.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan saran agar target pariwisata nasional meraup Rp 111,7 triliun terealisasi pada tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News