Parlemen Asia-Afrika Sepakat Bentuk Sekretariat Bersama di Indonesia

Parlemen Asia-Afrika Sepakat Bentuk Sekretariat Bersama di Indonesia
Ketua Dewan Parlemen Bahrain, Ahmed bin Ebrahim Rashid Al Mulla (kiri) saat melakukan pertemuan dengan Ketua DPR RI Setya Novanto (kanan) di sela-sela Konferensi Parlemen Asia-Afrika di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/4). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Konferensi Parlemen Asia Afrika (KPAA) tidak hanya mendeklarasikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. KPAA juga sepakat untuk membangun kantor sekretariat di Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua DPR Setya Novanto, saat konferensi pers seusai menutup KPAA di gedung Nusantara IV kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (23/4). "Kita bersama-sama dengan negara- selatan-selatan akan menandatangani deklarasi bersama, yaitu deklarasi yang disebut Forum Parlemen Asia Afrika, dan telah disetujui sekretariat bersama di Indonesia. Itu sangat luar biasa," kata Novanto

Politikus Golkar itu menambahkan, deklarasi KPAA memiliki arti besar, terutama yang berkaitan dengan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. Selain itu, deklarasi KPAA juga punya peran besar dalam pembangunan yang berkelanjutan bidang kemiskinan, kesehatan, hingga infrastruktur.

Sementara Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, ada 25 poin yang disepakati dalam deklarasi KPAA tahun 2015. Ai antaranya meliputi masalah sosial dan solidaritas untuk kemerdekaan Palestina.

"Deklarasi tadi ada sekitar 25 poin kesepakatan. Peserta semua menandatangani, ini langkah jauh yang sudah kita capai. DPR siap menjadi host, dan siap disepakati, ide dikembangkan dan dibentuk grup parlemen Asia-Afrika, karena ini bersifat strategis," tambahnya.(fat/jpnn)


Berikut enam poin kesepakatan KPAA:

  1. Peserta KPAA menyepakati untuk memperkuat peran parlemen dalam kerangka kerjasama selatan-selatan dan promosi perdamaian dan kemakmuran dunia.
  2. Peserta KPAA menyepakati untuk meneguhkan komitmen Dasasila Bandung dengan semangat solidaritas, persahabatan dan kerjasama sebagai prinsip pokok. Komitmen ini akan terus dirajut di antara pemerintah dan parlemen negara-negara Asia Afrika guna memecahkan masalah global yang menjadi keprihatinan bersama.
  3. KPAA menegaskan menegaskan komitmen mendukung kemerdekaan Palestina dan kedaulatan wilayahnya sesuai tahun 1967.
  4. KPAA mengutuk keras seraya menuntut agar Israel membebaskan tahanan parlemen Palestina yang ditangkap secara semena-mena dan tanpa proses peradilan yang memadai.
  5. KPAA menegaskan komitmen parlemen negara-negara Asia Afrika untuk terlibat sedini mungkin dalam agenda pembangunan global SDG's.
  6. Sebagai upaya mewujudkan kerjasama Asia Afrika ke depan, KPAA mendukung ide pembentukan Asia Africa Parliamentary Group.

 


JAKARTA - Konferensi Parlemen Asia Afrika (KPAA) tidak hanya mendeklarasikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. KPAA juga sepakat untuk membangun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News